Jumat, 26 Oktober 2012

Objek Wisata Kab. Jembrana


Musium Manusia Purba


musium purbakala, manusia purba
Sejak tahun 1963 di Gilimanuk diadakan penelitian oleh para ahli di Indonesia antara lain : Prof DR R Soejono dan Prof DR T Jacub. Hasil penelitian tersebut ditemukan ratusan rangka manusia yang diperkirakan hidup pada akhir masa Prasejarah dengan ciri ciri Ras Mongolid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka salah satu tindakan untuk menyelamatkan.

Untuk menyelamatkan dan memanfaatkan temuan akeologi tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana membangun sebuah Gedung Museum Manusia Purba Situs Gilimanuk dan selesai Pembangunannya 1993.
Barang barang koleksi yang dipajang di Moesium Gilimanuk adalah hasil galian antara lain : Kerangka Manusia, Manik manik, Gelang dari kayu dan kerang, periuk kecil, tempayan, kendi, mangkuk dari tanah, mata kail, tajak, sarkopagus dll.


Taman Wisata Air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih berada di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Taman Wisata Air ini merupakan obyek wisata yang menarik, karena mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Selain itu tersedia pula perahu boat sebagai sarana transportasi menyusuri sungai. Jarak yang harus ditempuh adalah kurang lebih 2 kilometer, dengan titik henti di jembatan yang merupakan perbatasan Pangyangan-Gumbrih.
Selain menikmati hijaunya pepohonan, wisatawan juga dapat melihat bermacam hewan liar seperti burung kokokan dan biawak. Hal ini membuat Taman Wisata Air menjadi lokasi yang ideal untuk sekedar berperahu santai hingga memotret. Untuk memotret, terdapat aneka obyek menarik di seputar Tukad Pangyangan, seperti hamparan sawah di pinggir sungai hingga hutan bambu. Tak hanya itu, Tukad Pangyangan juga memiliki beragam jenis ikan, seperti kakap merah dan julit (ikan serupa lele namun dengan ukuran tubuh panjang), sehingga wisatawan dapat menghabiskan waktu di sini dengan memancing. Khusus untuk udang dan kepiting, wisatawan dapat menangkapnya dengan tangan kosong. Wisatawan juga dapat melihat kilasan ikan yang berenang di dekat permukaan air. Taman Wisata Air Gumbrih tempat terbaik untuk menikmati alaminya perairan Bali dan bersantai melepaskan diri dari hiruk-pikuk perkotaan.




Objek Wisata Perancak


Obyek Wisata Perancak merupakan sebuah obyek wisata yang indah, bibir pantai yang dihiasi perahu-perahu nelayan merupakan suatu keindahan tersendiri untuk dinikmati.Disini juga terdapat taman wisata yang memiliki fasilitas sirkuit Motor Cross dan Road Race, disini sangat cocok untuk tempat berlibur.
Setiap tahun obyek wisata perancak dijadikan tempat untuk lomba sampan dayung tradisional yang biasanya dirangkaikan dengan HUT kota Negara. Di Desa Perancak terdapat tempat Pelestarian Penyu Laut yaitu "Kurma Asih" karena Pantai Perancak sangat cocok untuk tempat bertelor bagi Penyu. Ditempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan melakukan kegiatan pelepasan Tukik/Anak Penyu ke Laut.
Disamping tempat pelestarian Penyu di desa Perancak juga terdapat Pusat Riset Teknologi Kelautan, stasiun Bumi NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) yang berfungsi untuk menentukan titik-titik berkumpulnya ikan di laut yang dipantau dari satelit. Pada lokasi yang sama wisatawan juga dapat melihat hamparan tumbuhan bakau yang beraneka ragam jenisnya. Di desa Perancak juga terdapat tempat penyulingan air laut menjadi air mineral yang berkadar Oksigen Tinggi yaitu Megumi.

1 komentar:

  1. pariwisata jembrana kini sedang lesu, semoga bisa bangkit kembali ya

    salam dari kami,
    ALEXA PHOTO - jasa prewedding di negara/jembrana

    BalasHapus